Marriage Life: Membangun Habit Menabung dengan Aplikasi SOBATKU

By erny's journal - 00.30.00

source: freepik

Rasanya selalu ragu untuk share something about Marriage. Hmm... merasa rumah tangga masih sangat baru, apakah kalau saya share ini itu nggak terkesan sok tahu? Tapi setelah dipikir-pikir ya kenapa hal yang begitu mesti saya pikirin banget sih? Makanya, setelah lama nggak update di blog ini, kali ini saya mau cerita santai tentang sesuatu yang menurut saya penting banget untuk menjaga stabilitas rumah tangga. Yak, apalagi kalau bukan soal tabungan!

Kalau temen-temen sudah ngikutin blog ini dari tahun lalu, mungkin kalian sudah membaca tulisan saya soal wedding preparation yang salah satunya tentang apa saja yang perlu dibahas sebelum menikah bersama pasangan. Dalam tulisan tersebut saya juga mention soal keuangan menjadi salah satu hal yang kami bahas. Apalagi kondisinya suami saya tuh tipe yang kurang bisa nabung dan keuangannya perlu banget didisiplinkan biar spendingnya terjaga. Karena pasangan itu idealnya saling melengkapi, berarti saya harus punya kendali soal keuangan yang lebih bagus agar kami bisa mewujudkan impian finansial bersama. 

Jujur, kami belajar dari awal tentang finansial ini. Kalau ada materi online, kami baca bareng, kami ambil yang bagus, buang yang kurang sesuai. Saya sendiri bahkan mencoba memahami beragam aplikasi yang berkaitan dengan keuangan karena saat ini kan produk-produk fintech mulai menjamur dari yang banyak manfaatnya sampai yang cenderung merugikan. Sampai saya ketemu dengan aplikasi fintech bernama SOBATKU yang bisa disebut aplikasi Tabungan Online.

 
Aplikasi ini bikin saya penasaran karena dia fungsinya seperti bank tempat kita nabung, tapi cara pakainya mudah banget. Hanya download apps-nya di IOS atau playstore, ikuti petunjuk pendaftarannya, dan voilaaa kita dapet satu akun tabungan yang nomer rekeningnya itu ya no. HP kita. Saya sebenarnya bukan orang yang gampang tergoda instal apps ini dan itu, apalagi apps keuangan begini. Tapi karena sebelumnya temen saya sudah menggunakan aplikasi ini untuk menabung selama setahun terakhir dan dia cerita kalau nggak ada biaya adminnya maka saya pun tertarik buat menginstal aplikasinya. 


Setelah menginstal, ternyata di Jogja ada event dari SOBATKU berlokasi di Ambarrukmo Plaza. Sebenernya agak jauh sih dari rumah, tetapi saya bela-belain dateng karena di acara tersebut ada sesi press conferencenya yang pastinya membahas soal aplikasi menabung ini. Oiya, salah satu hal yang bikin saya nggak ragu berkenalan sama aplikasi SOBATKU karena aplikasi ini diterbitkan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM sahabat-ukm.com yang bermitra dengan Bank Sahabat Sampoerna. Intinya, secara track record penerbitnya kredibel jadi saya yakin untuk menggunakan SOBATKU sebagai partner menabung. 



Salah satu statement yang membekas diingatan saya saat hadir di acara SOBATKU ini adalah pernyataan dari Chief of Finance and Business Planning, Mewakili Board of Management Bank Sahabat Sampoerna, Henky Suryaputra yang menyatakan kalau SOBATKU ini hadir sebagai aplikasi yang bikin orang lebih semangat nabung, bukan semangat belanja seperti kebanyakan produk fintech saat ini. Sebenarnya nggak ada yang salah kok dengan aplikasi yang ngajak kita belanja, yang salah tuh kalau kita nggak bisa nahan diri. Makanya, biar lebih mudah menahan diri dari hedon jajan ini itu yang kurang penting, emang lebih baik langsung ditabung aja setelah gajian. Nah, kemudahan SOBATKU ini beneran memudahkan saya untuk transfer tabungan kapan saja. Selanjutnya, pengen lebih semangat nabung lagi biar bisa segera dialokasikan ke investasi dan siapa tahu tabungan di SOBATKU mengundang rejeki lain seperti temen-temen yang menang undian 100 juta atau Umroh SOBATKU. 

Jadi di acara SOBATKU kemarin salah satu acara yang dihighlight itu adalah sesi pengundian 100 juta dan Umroh SOBATKU untuk nasabahnya. Sebenarnya pengundian berhadian 100 juta dan Umroh ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional 2019 yang memang mengangkat tema Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0. Buat saya pribadi, ini langkah positif sih karena di zaman serba digital ini koperasi pasti akan perlahan ditinggalkan kalau tidak menawarkan sesuatu yang sesuai zaman. Nah, hadirnya SOBATKU ini menurut saya suatu langkah besar karena beneran bisa menghadirkan aplikasi tabungan online yang gratis dan praktis. Gampang diakses oleh siapapun! Oiya, dengan menabung di SOBATKU, kita juga bisa tarik tunai di Alfamart atau Alfamidi, jadi nggak perlu ke ATM. Sungguh kemudahan hidup. 

Oiya, sebenarnya SOBATKU ini nggak cuma aplikasi untuk nabung, tetapi kita bisa menggunakannya untuk pembayaran. Saya mencoba memakai aplikasi SOBATKU untuk transaksi pembayaran saat dateng di acaranya kemarin. Seneng banget di acara ini ada banyak booth yang menjajakan aneka menu makanan dan pembayaran dengan SOBATKU dapet cashback 30%. Berhemat tiada henti walaupun makannya tetep enak!

Kemudahan yang ditawarkan oleh SOBATKU ini at the end membuat saya semakin menyadari kalau perkembangan teknologi itu beneran bisa mempermudah hidup. Termasuk mempermudah saya mengatur keuangan dan membiasakan diri untuk menabung. Selain bisa ngumpulin uang, nabung juga bisa ngasih peluang baru. Siapa tahu kan seperti para pemenang undian 100 juta dan umroh SOBATKU kemarin. Tapi tanpa menang undian pun sudah banyak untungnya kalau punya tabungan. Jadi Jutawan SOBATKU, ya kenapa tidak? Yang sudah saya buktikan sih mood jadi terjaga dan rumah tangga jadi lebih stabil kalau kondisi keuangan aman.


Sambil senyum-senyum karena dapet insight baru tentang tabungan online SOBATKU, plus perut kenyang habis makan rice box bercashback, saya pun bergegas dari venue acara setelah Pongki Barata melantunkan beberapa ragu yang terkesan nostalgic di telinga saya. Nah, mungkin kalian yang masih dalam tahap membangun habit menabung, instal aplikasi SOBATKU deh. Asli, mempermudah hidup untuk jadi terbiasa nabung!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. ooo aplikasi ini bisa buat pembayaran juga ya beb, kirain cuma bisa buat nabung doang

    BalasHapus