Produk-Produk Skincare Andalanku Selama Hamil: Edisi Skin Treatment dan Moisturizer

By erny's journal - 16.10.00

skincare untuk ibu hamil, skincare aman ibu hamil

Bulan ini bayi di kandunganku menginjak usia 5 bulan. Fiuh, nggak terasa sudah setengah jalan menuju hari pertemuan. Selama 5 bulan ini rasanya banyak banget hal yang saya lewati bersamanya. Dan semuanya adalah bagian dari proses adaptasi sebelum ketemu dia pada akhir tahun nanti. Salah satu proses adaptasi yang cukup challenging adalah perubahan hormon yang berpengaruh ke kondisi kulitku. Terutama di trimester pertama lalu. Kondisi kulitku bermasalah seperti kering dan berjerawat. Personally saya nggak terlalu banyak mengubah skincare yang digunakan. Dan, berikut ini produk-produk skincare andalanku selama hamil.


Treatment & Moisturizer


Selama hamil ini saya tetap menggunakan beberapa skincare treatment seperti essence dan serum. Tapi, saya skip serum atau skincare jenis apapun yang mengandung AHA dan BHA karena memang kurang direkomendasikan untuk ibu hamil. Sesungguhnya skincare yang saya gunakan ini mostly sudah saya pakai dari sebelum hamil dan saya tetap melanjutkan pemakaiannya karena dari segi ingredients tidak ada masalah. Pada tulisan kali ini saya akan fokus sharing tentang produk-produk treatment dan moisturizer tersebut. Yuk, langsung aja kita bahas semuanya!

Hydrating Toner


Avoskin HTE hydrating toner, hydrating toner untuk ibu hamil,

Untuk hydrating toner saya menggunakan Avoskin Hydrating Treatment Essence atau HTE. HTE ini sebenarnya nggak cuma saya gunakan sebagai hydrating toner yang membantu melembabkan kulit sekaligus mengembalikan pH kulit setelah cuci muka. Tapi kapanpun merasa butuh untuk menghidrasi kulit, saya menggunakannya sebagai face mist.


Hydrating Essence

 

PHTE aman untuk ibu hamil

 

Essence yang saya gunakan juga sama seperti sebelum saya hamil yaitu, Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence. Essence ini sudah saya gunakan sejak beberapa tahun terakhir. Pernah nyobain merk lain seperti Secret Key, tapi untuk hasilnya tetap Avoskin PHTE juaranya. Kalau dipakai satu layer memang nggak begitu terasa lembabnya, tapi justru itu uniknya. Saya bisa menggunakannya hingga 4 layer kalau pengen efek lembab yang signifikan dan so far cara ini sangat membantu untuk mencapai kelembaban yang saya inginkan.

Baca juga: Review Avoskin PHTE

Nah, mungkin ada yang bertanya-tanya, "emangnya pakai essence apa sih pentingnya?" Lagi-lagi buatku secara personal penting banget! Karena pemakaian hydrating essence ini ngebantu kulitku menyiapkan diri untuk menyerap skincare berikutnya secara lebih maksimal. Jadi hasil skincare-an berikutnya jauh lebih maksimal hasilnya.

Serum


Iunik Tree Tea Relief Serum. Serum yang satu ini kebetulan belum pernah saya review secara mendalam, maybe soon ya! Kali ini mau menceritakan sekilas aja kenapa saya masih menggunakan produk ini sampai saat ini. Serum ini satu-satunya skincare yang saya cobain di awal hamil. Awalnya ragu karena khawatir secara kandungan kurang aman atau gimana. Tapi setelah mencari tahu dengan banyak baca soal ingredients dan juga konsep brand-nya, saya pun yakin kalau serum yang ditujukan untuk kulit berjerawat dengan kondisi kulit normal to dry ini aman untuk ibu hamil.


Tekstur serumnya nggak terlalu thick dengan warna bening. Saat diaplikasikan ke kulit terasa lembab, tapi nggak mengganggu atau memicu minyak berlebih. Sebenernya dengan menggunakan serum ini secara rutin nggak serta merta membuat jerawat di kulit go away. Namun, saya sendiri suka banget dengan efek di kulit yang bikin plump dan esoknya tampak lebih glowing.

Moisturizer Gel 



Susah banget nemuin moisturizer dalam bentuk cream yang nyaman di kulitku. Setelah trial and error dengan beragam produk, akhirnya saya nemuin kalau ternyata kulitku paling welcome dengan moisturizer bentuk gel. Lembap di kulit keringku dapet, tapi nggak terasa tebel. Dan, sejak akhir tahun lalu saya pakai Clinelle PureSwiss HydraCalm Moisturizer. Moisturizer gel ini awalnya saya pakai karena ada endorsement. Eh ternyata emang nyaman di kulit saya dan karena nggak ada kandungan sun-protection dan sunscreen, akhirnya saya pun menggunakannya untuk day & night cream. Hasilnya di kulit bikit lembap dan kenyal tanpa terasa greasy. Moisturizer gel ini baru saja habis dan saya coba ganti ke moisturizer gel dari The Body Shop sejak dua minggu terakhir. Soon bakalan saya share juga sih hasilnya di kulit. Tapi selama pemakaian The Body Shop, kulit saya ternyata lebih cocok dengan Clinelle ini. Efek hydratingnya tuh pas dan bener-bener nyaman sensasi calmingnya. Untungnya, keduanya tidak memicu jerawat atau masalah kulit lain seperti bruntusan di kulit saya. 


Sleeping Mask


Pakai sleeping mask itu penting nggak sih? Menurut saya pribadi sih penggunaan sleeping mask ini tentatif dan tidak di semua kulit bisa menggunakannya setiap hari. Namun, saya pribadi merasa perlu menggunakan sleeping mask untuk memaksimalkan penguncian kelembapan di kulit. Ibaratnya sleeping mask ini seperti seal yang membungkus semua skincare malam kita agar stay on place dan lebih bagus lagi hasilnya. Kalau ngomongin efeknya, saya sendiri paling suka menggunakan sleeping mask dari Lacoco yang Water Melon Glow Mask karena efek lembapnya itu nyata, tapi nggak lengket. Efek glowing saat bangun tidur juga terlihat sehingga rasanya tuh puas lihat muka kita fresh pas bangun tidur. 



Well, itulah beberapa skincare andalan saya selama hamil. Memasuki kehamilan 5 bulan ada beberapa produk skincare yang berganti karena kondisi kulit saya berubah. Soon saya bahas lagi yah!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Aku suka foto-fotonya, deh. Cakep, tajam, dan terang banget. Bisa jadi inspirasi buat foto-foto produk nihh

    BalasHapus