3 Hal yang Bisa Dilakukan Sebelum Kelahiran Buah Hati

By erny's journal - 21.57.00


Masa yang paling cepat sekaligus paling terasa lama itu adalah masa saat hamil. Nggak terasa tinggal hitungan minggu saya dan suami bakalan bertemu dengan si buah hati. Ngomong-ngomong tentang persiapan menjadi orang tua, selain menyiapkan mental, finansial, saya juga sedang menyiapkan diri untuk kebiasaan baru. Jadi ada hal-hal yang sebelum anak lahir bisa saya lakukan dengan leluasa dan mungkin di awal masa-masa anak lahir nanti akan berubah. Oleh karena itu, di pertengahan trimester ketiga ini saya berusaha untuk enjoy the moment dengan melakukan hal-hal yang saya senangi. Nggak cuma di trimester ketiga sih, tapi dari trimester awal sebenarnya saya sudah nyicil melakukan hal-hal yang mungkin nanti harus saya tunda sejenak. Apa saja hal-hal tersebut? Ini dia versi saya!

 

1. Liburan berdua

Sejak menikah, saya senang sekali bisa liburan berdua sama suami. Nggak harus keluar kota, staycation pun sudah sangat menyenangkan menurut saya. Kebetulan kami memang punya bahasa cinta quality time sehingga kami sama-sama happy kalau punya kesempatan pergi berdua. Namun, kami sadar kalau aktivitas yang kami senangi ini akan berubah saat ada anak nanti. Kalau baca-baca dari penjelasan konselor pernikahan sih pasti perlu adaptasi dan juga sebaiknya nikmati dulu masa-masa berdua sebelum anak lahir. Beruntungnya kami sempat babymoon di awal tahun lalu sebelum covid masuk di Indonesia. Kami sempat ke Bali selama 4 hari dan walaupun kala itu saya nggak begitu enjoy karena sedang memasuki trimester pertama, tetapi saya sekarang bersyukur karena pernah memiliki kesempatan itu. 

 

 

2. Menata Rumah dengan Berbagai Hiasan 

 

Beberapa kali upload foto di Instagram tentang cuplikan rumah saya. Dan, banyak yang nanggepin kalau nanti hiasan itu gimana nasibnya saat si kecil lahir. Haha... jujur saya ketawa aja sih. FYI, saya punya hobi merawat tanaman sejak  dua tahun terakhir. Maka dari itu, beberapa spot di rumah saya sengaja ada taneman hidupnya. Ada yang memang besar sehingga nggak khawatir dirusak si kecil, tapi ada juga yang saya rawat dengan cara water propagasi sehingga rawan kesenggol dan pecah tempatnya. Well, saya nggak mau mikirin gimana nantinya. Bagi saya yang terpenting enjoy the moment dulu karena nanti pasti akan adaptasi kok kalau si kecil sudah lahir. Termasuk adaptasi printilan hiasan rumah yang rawan pecah harus dipindah atau ditaruh dimana. 

Baca juga: Menata Ruang Tamu #OmahHakim


3. Nonton Drama Korea

Long story short, masuk bulan Maret covid-19 jadi pandemi di seluruh dunia. Jadilah opsi untuk hiburan seperti nonton di bioskop harus dihapus dari daftar hal-hal yang harus dilakukan sebelum kelahiran buah hati. Dan, saya pun memilih untuk mengalihkannya dengan langganan aplikasi streaming biar bisa nonton di rumah. Dari berlangganan aplikasi streaming itulah saya jadi lebih intens menghibur diri dengan nonton film maupun drakor di rumah. Hal yang sebelumnya jarang saya lakukan.  


Bisa dibilang saya tuh pecinta drama Korea. Namun, saya jarang banget nonton drakor dari semasa kuliah. Ada beberapa alasan sesungguhnya salah satunya, karena saya sadar kalau sudah nonton drakor saya bisa ngebucin banget dan males melakukan apapun. Namun, justru di masa hamil ini saya kembali nonton drakor. Awalnya saya nonton Crash Landing on You karena waktu itu awal-awal hamil saya merasa badan lemas dan banyak tiduran, tapi mata enggan terpejam. Jadilah saya mengisi waktu rebahan yang disebabkan oleh menurunnya energi di tubuh dengan nonton drakor.

Kalau dipikir-pikir, nonton drakor ini emang harus dipuas-puasin sebelum si kecil lahir. Apalagi saya tipe yang kalau nonton tuh khusyuk. Jadilah langganan aplikasi streaming untuk nonton drakor itu salah satu best decision yang saya ambil selama hamil. Asli, kangen ke cafe, ke mall, kumpul bareng temen, semuanya harus ditahan. Mau nggak mau ya hiburannya harus yang ada di dalam rumah. Untungnya untuk langganan aplikasi streaming juga nggak ribet. Saya langganan aplikasi VIU dengan memanfaatkan fitur pembayaran via Gopay. Jadi nggak perlu ribet pakai credit card. Plus, sering juga ada promo langganan yang bikin harga murah makin murah. 


 

Oiya, barangkali ada yang masih bingung gimana cara berlangganan VIU pakai Gopay, kalian bisa simak stepnya berikut ini: 

1. Download dulu aplikasi VIU di Google Play

2. Klik burger menu di bagian kiri atas dan klik Go Premium atau Mulai Berlangganan

3. Akan muncul pilihan paket berlangganan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Pilih sesuai dengan kebutuhan kita

4. Akan muncul halaman pembayaran dan kita bisa pilih mau membayar dengan apa

Karena saya cinta kepraktisan, maka bayar untuk berlangganan aplikasi streaming gini lebih mudah dengan Gopay. Apalagi beberapa kali berlangganan suka ada penawaran khusus atau diskonnya. Kalau misalnya temen-temen pengen tahu detail promo google play dengan Gopay juga bisa lho. Sekarang ini lagi ada promo SEMANGAT MERDEKA GoPay di Google Play, ada cashback 75% hingga maksimal Rp25.000 selama 15-31 Agustus 2020, langsung aja kepoin di sini. Yang terpenting, dengan bisa membayar melalui Gopay, temen-temen yang nggak punya credit card jadi terbantu banget kan?

 

Back to topic hal-hal yang dilakukan sebelum kelahiran buah hati, bagi saya tiga hal di atas sudah cukup banget untuk saya nikmati. Semoga saja nanti saat waktunya si kecil lahir saya sudah benar-benar siap sehingga bisa meminimalisir drama menjadi ibu baru. 

Baca juga: Breast-feeding Journey, Persiapan Masa Awal Menyusui

Kalau versi kalian, apa sih yang hal-hal yang perlu dinikmati sebelum kelahiran buah hati? Let me know dengan komen di bawa ini yah!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar