The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin

By erny's journal - 00.04.00


 

Jarang banget saya share tentang produk moisturizer. Berhubung beberapa waktu lalu saya sudah kehabisan moisturizer andalan saya dari Clinelle yang pernah saya review singkat akhir tahun lalu, maka saya pun kembali mencari moisturizer yang sekiranya cocok untuk kulit. Kok nggak repurchase aja kalau moisturizer sebelumnya cocok? Hmm... jujur saya tuh hobi nyobain skincare. Jadi momen bisa ngabisin satu jar moisturizer itu seperti angin segar untuk eksplorasi moisturizer lain. Pilihan saya jatuh pada The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin.


Kenapa Memilih The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin? 


Firstly karena saya sedang hamil dan mencari moisturizer yang aman untuk ibu hamil. Nah, The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin ini menghighlight Vitamin E, Hyaluronic Acid, dan ekstrak raspberry sebagai key ingredientsnya. Selain itu teksturnya juga gel yang mana biasanya moisturizer dengan tekstur ini bekerja maksimal di kulit saya. 

 


 

Sebenarnya agak salah sih karena saya langsung terpukau dengan key ingredients produk ini tanpa riset lebih jauh tentang kandungan selengkapnya. Soalnya, setelah pemakaian sekitar 2 bulan saya baru sadar kalau kondisi kulit saya yang memburuk salah satunya disebabkan oleh ingredients dalam produk ini. Tapi sebelum cerita lebih lanjut, kalian bisa cek terlebih dulu untuk ingredients selengkapnya berikut ini: 

Aqua/Water/Eau, Butylene Glycol, Alcohol Denat., Glycerin, Carbomer, Polyglyceryl-4 Caprate, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Tocopheryl Acetate, Sodium Hydroxide, Sodium Hyaluronate, Parfum/Fragrance, Salicylic Acid, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Benzyl Benzoate, Rubus Idaeus Juice/Rubus Idaeus (Raspberry) Juice, Benzyl Alcohol, Geraniol, Linalool, Limonene, Hydroxycitronellal, Sodium Benzoate, Alpha-Isomethyl Ionone, Potassium Sorbate, CI 14700/Red 4.

Based on ingredients secara keseluruhan, ternyata ada 1 ingredients yang mentrigger masalah pada kulit saya yaitu, Alcohol Denat. Alcohol Denat ini merupakan salah satu dari sekian jenis alcohol jahat yang sebenarnya bila digunakan sesuai kebutuhan masih relatif aman. Hanya saja kulit saya emang nggak toleran dengan kandungan ini sehingga menyebabkan efek moist di kulit nggak terasa maksimal. 

 

visual: The Body Shop


Nah, kandungan alcohol denat ini sesungguhnya berfungsi untuk menjaga tekstur cream. Biasanya memang digunakan pada produk yang bertekstur gel. Mungkin temen-temen curious juga dengan apa sih bedanya alkohol jahat dan alkohol baik. Kalau kalian penasaran, bisa baca tulisan saya tentang perbedaan alkohol jahat dan alkohol baik serta bagaimana fungsi serta efeknya di kulit


Tanda-Tanda Kulit Tidak Cocok dengan The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin

 

Sekitar bulan Juli atau kurang lebih 2 bulan setelah pemakaian The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin, saya notice kalau kondisi kulit waktu itu berangsur berubah menjadi kering dan mudah gatal. Lalu perlahan jerawat datang silih berganti. Awalnya saya bingung karena sebenarnya perubahan dari kondisi kulit yang cukup lembap ke kering ini terjadi perlahan sejak bulan Mei. Sesungguhnya saya sempat ngebatin sih, kok performa moisturizer ini nggak begitu signifikan dalam melembapkan kulit saya. I mean, efek kulit terasa kenyal setelah rutin memakai moisturizer nggak kunjung saya rasakan bahkan setelah sebulan pemakaian. 

Lalu semakin lama kondisi kulit saya semakin kering dan lebih mudah berjerawat. Saya pun mengecek ulang produk skincare apa saja yang saya gunakan. Satu-satunya skincare baru yang saya coba ya The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin ini. Puncaknya di akhir Juli kulit saya berjerawat kecil-kecil. Sayang sekali saya nggak mendokumentasikannya karena waktu itu saya berpikir kalau jerawat ini efek dari perubahan hormon hamil. Saya pun tetap menggunakan rangkaian skincare seperti biasanya dan sampai ada jerawat di bawah hidung yang jumlahnya banyak dengan ukuran kecil dan bernanah. 

Akhirnya saya ngecek semua ingredients pada skincare yang saya pakai karena saya curiga jerawat ini timbul akibat pemakaian produk dengan kandungan alcohol denat. Dan, ternyata The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin ini memang mengandung alcohol denat.

 

Apakah Produk dengan Alcohol Denat Berarti Berbahaya? 

 


 

Tentu saja nggak ya, karena kandungan alcohol denat ini sebenarnya berfungsi sebagai astringent juga. Namun memang untuk jangka panjang bisa memicu masalah pada skin barrier. Kalau pada kasus saya, kulit saya memang sensitif dengan kandungan tersebut sehingga efeknya seperti yang saya ceritakan di atas. Setelah stop penggunaan  The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin, kondisi kulit saya jauh lebih membaik padahal saya malah skip menggunakan moisturizer. Saya menyiasatinya dengan melakukan double toning menggunakan Avoskin HTE dan HALE Stay Toned. Keduanya tidak mengandung alcohol denat dan salah satunya mengandung Centella Asiatica sebagai wound healing untuk kulit. 

 


 

So, sebenarnya  The Body Shop Vitamin E Gel Moisture Cream for Normal/Combination Skin produk yang bisa kamu pilih kok. Tapi, pastikan produk apapun yang kamu pilih, cermati dulu kandungannya. Jangan sampai kulit jadi bermasalah seperti saya karena terpukau dengan key ingredients dan males kepoin ingredients selengkapnya. Oiya satu lagi, soal skincare ini soal cocok-cocokan yah! Dari tulisan ini kamu bisa ambil learningnya dan bisa jadi nggak cocok di saya, tapi cocok di kamu!

 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar